No image available for this title

Disertasi

Pengaruh kepemimpinan transformasional, etika profesi dan kompetensi kerja terhadap komitmen organisasi serta implikaisnya pada kinerja pejabat pemeriksa aset keselamatan kapal di wilayah kerja koordinasi kantor kesyahbandaraan utama tanjung priok kementrian perhubungan



ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Etika Profesi, Kompetensi Kerja dan Komitmen Organisasi baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap Kinerja Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal di Wilayah Kerja Koordinasi Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Kementerian Perhubungan.
Penelitian ini bersifat eksplanatif, deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan hubungan sebab-akibat (kausalitas), adapun metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian sejumlah 264 Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal di Wilayah Kerja Koordinasi Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampel jenuh dan diperoleh jumlah sampel uji coba 50 responden dan sampel penelitian 214 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SPSS dan Lisrel.
Hasil persamaan struktural 1 menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun bersama-sama Kepemimpinan Transformasional, Etika Profesi, dan Kompetensi Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi dengan kontribusi (nilai Rsquare) sebesar 58%. Variabel dominan yang mempengaruhi Komitmen Organisasi adalah Kompetensi Kerja. Hasil persamaan struktural 2, baik secara parsial maupun bersama-sama Kepemimpinan Transformasional, Etika Profesi, Kompetensi Kerja dan Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pejabat dengan kontribusi (nilai Rsquare) sebesar 84%. Variabel dominan yang mempengaruhi Kinerja Pejabat adalah Komitmen Organisasi.
Dalam penelitian ini variabel Komitmen Organisasi selain berperan sebagai variabel dominan terhadap Kinerja Pejabat, juga berperan sebagai variabel full mediating bagi variabel Kepemimpinan Transformasional, Etika Profesi, dan Kompetensi Kerja dalam mempengaruhi Kinerja Pejabat. Implikasi dalam penelitian ini, untuk meningkatkan Komitmen Organisasi agar fokus perhatian lebih diprioritaskan pada perbaikan variabel Kompetensi Kerja khususnya dimensi knowledge skill dengan indikator memahami SOP dalam bekerja, sedangkan untuk meningkatkan Kinerja Pejabat agar fokus perhatian lebih diprioritaskan pada perbaikan variabel Komitmen Organisasi khususnya dimensi komitmen kontiniu dengan indikator kebutuhan kerja.



Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Etika Profesi, Kompetensi Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pejabat.


Ketersediaan

DIS FEB-B 325 21Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DIS FEB-B 325 21
Penerbit UPI Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1866390002
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya