No image available for this title

Disertasi

Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja pejabat Eselon IV Serta Implikasinya Pada Evektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Pemerintah Kota Propinsi Sumatera Selatan



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi organisasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja pejabat eselon IV serta implikasinya pada efektivitas pelayanan publik di Kecamatan Pemerintah Kota Propinsi Sumatera Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pejabat eselon IV di Kecamatan Pemerintah Kota Propinsi Sumatera Selatan sejumlah 224 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh dan dianalisis melalui Structural Equation Modelling (SEM) dengan program Lisrel 8.70.
Hasil penelitian menunjukkan baik secara parsial dan bersama-sama gaya kepemimpinan (nilai koefisien 0,26, thitung 2,46), komunikasi organisasi (nilai koefisien 0,35, thitung 2,63) dan komitmen organisasi (nilai koefisien 0,28, thitung 3,02) memiliki pengaruh positif dan signikan terhadap kinerja pejabat. Demikian pula terhadap efektivitas pelayanan publik, baik gaya kepemimpinan (nilai koefisien 0,26, thitung 2,62), komunikasi organisasi (nilai koefisien 0,38, thitung 2,46), komitmen organisasi (nilai koefisien 0,20, thitung 2,00) dan kinerja pejabat (nilai koefisien 0,33, thitung 2,32) memiliki pengaruh positif dan signifikan.
Implikasi manajerial dapat disimpulkan bahwa kinerja pejabat dan efektivitas pelayanan publik secara dominan dipengaruhi oleh komunikasi organisasi khususnya komunikasi horizontal.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Pejabat, Efektivitas Pelayanan Publik


Ketersediaan

DIS FE - B 101 15Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DIS FE - B 101 15
Penerbit UPI Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1166390084
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya