No image available for this title

Disertasi

Pengaruh kompetensi kerja dan kepercayaan diri terhadap motivasi kerja dan implikasinya pada kesejahteraan tenaga kerja indonesia (TKI) purna di jawa tengah



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan: (1) pengaruh kompetensi kerja dan kepercayaan diri, baik secara parsial maupun simultan, terhadap motivasi kerja, dan (2) pengaruh kompetensi kerja kepercayaan diri, dan motivasi kerja, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kesejahteraan tenaga kerja Indonesia (TKI) Purna di Jawa Tengah.
Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Penelitian dilakukan di Kabupaten Purworejo dan Kebumen, Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember 2013. Populasi penelitian sebanyak 468, sampel sebanyak 240 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument.
Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan formula Structural Equation Model (SEM) atau model persamaan struktural dengan bantukan software dan LISREL versi 8.70
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kompetensi kerja dan kepercayaan diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi kerja baik secara parsial maupun bersama-sama, dengan kontribusi sebesar 69.30%, dan (2) kompetensi kerja, kepercayaan diri, dan motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesejahtera TKI baik secara parsial maupun bersama-sama dengan kontribusi sebesar 76.40%.
Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa kesejahteraan TKI purna dapat ditingkatkan terutama melalui memotivasi TKI dengan dimensi pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri.

Kata kunci: kompetensi kerja, kepercayaan diri, motivasi kerja, kesejahteraan TKI


Ketersediaan

DIS FE - B- 122 15Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DIS FE - B- 122 15
Penerbit UPI Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1066390091
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya