No image available for this title

Disertasi

Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen Tetap (Studi Empiris pada universitas-universitas swasta di Provinsi Lampung)



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuanmenguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan; budaya organisasi; kepuasan kerja dan motivasi kerja baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja dosen tetap universitas–universitas swasta di provinsi Lampung.
Desain penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif; metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan metode explanatory survey. Tipe investigasi dalam penelitian ini adalah causalitas. Unit penelitian ini adalah individu, yaitu dosen tetap pada universitas-universitas swasta di provinsi Lampung. Time horizon dalam penelitian ini adalah crossectional,teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif structural equation modeling untuk menguji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 8.80, dengan komposisi sub struktur gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan kepuasan kerja sebagai variabel eksogen, motivasi kerja sebagai variabel intervening dan kinerja dosen sebagai variabel endogen.Dengan jumlah populasi 772 orang dosen dan sampel 370 orang dosen yang ditetapkan dengan metode proportionate stratified random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama gaya kepemimpinan; budaya organisasi;kepuasan kerja terhadap motivasi kerja,dengan kontribusi (R2)46 % dimana variabel gaya kepemimpinan yang paling dominan mempengaruhi motivasi kerja. Terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama gaya kepemimpinan; budaya organisasi; kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerjadengan kontribusi (R2) 89 %, dimana variabel gaya kepemimpinan paling dominan mempengaruhi kinerja dosen tetap
Penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan motivasi kerja dan kinerja dosen, dapat dilakukan dengan meningkatkan gaya kepemimpinan terlebih dahulu melalui peningkatan dimensiPerhatian yang terindividualisasi dan Profesionalitas Inspirasional(X4)baru kemudian peningkatan variabel lain.

Kata Kunci :Gaya kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Motivasi
Kerja dan Kinerja Dosen


Ketersediaan

DIS FE-B 175 17Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DIS FE-B 175 17
Penerbit UPI Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1066390082
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya