No image available for this title

Disertasi

Determinan Kemampuan manajerial dan implikasinya terhadap perilaku produktif pejabat eselon pada OPD di kabupaten tebo provinsi Jambi (studi empiris pada organisasi perangkat daerah pemerintah daerah kabupaten tebo-provinsi jambi)



ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diklat, pengalaman kerja, iklim organisasi baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kemampuan manajerial pejabat dan menganalisis pengaruh diklat, pengalaman kerja, iklim organisasi dan kemampuan manajerial secara parsial maupun bersama-sama terhadap perilaku produktif pejabat OPD di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan ferifikatif teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling. Adapun jumlah responden sebesar 369 orang yang diambil dari OPD di lingkungan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner yang disebarkan keseluruh responden yang sudah ditetapkan. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Lisrel 8.70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan bersama-sama diklat, pengalaman kerja dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan manajerial. Adapun besarnya kontribusi ketiga variabel eksogen tersebut adalah 55% dengan sisanya di kontribusi variabel lain yang tidak diamati. Selanjutnya variabel yang dominan mempengaruhi kemampuan manajerial adalah variabel pengalaman kerja dengan dimensi pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian tentang diklat, pengalaman kerja, iklim organisasi dan kemampuan manajerial baik secara parsial dan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku produktif pejabat OPD dengan variabel yang dominan mempengaruhi adalah variabel iklim organisasi dengan dimensi team commitment. Adapun kontribusi variabel diklat, pengalaman kerja, iklim organisasi dan kemampuan manajerial kepada perilaku produktif pejabat sebesar 82% dan sisanya dikontribusi oleh variabel yang tidak diamati.
Implikasi manajerial berdasarkan hasil analisis penelitian bahwa prioritas dalam meningkatkan kemampuan manajerial dan perilaku produktif pejabat hendaknya mengutamakan pengalaman kerja dengan aspek pengetahuan dan keterampilan dan iklim organisasi yang kondusif dengan aspek team commitment bagi pejabat di OPD di Kabupaten Tebo Propinsi Jambi

Kata kunci : Diklat, Pengalaman, Iklim Organisasi, Kemampuan Manajerial dan
Perilaku Produktif Pejabat


Ketersediaan

DIS FE-B 236 17Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DIS FE-B 236 17
Penerbit UPI Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1066390037
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya